PENGERTIAN SISTEM INFORMASI, BERSERTA KOMPONENNYA


A.  Pengertian Sistem

Suatu sistem sangatlah dibutuhkan dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintahan, karena sistem sangatlah menunjang terhadap kinerja perusahaan atau instansi pemerintah, baik yang berskala kecil maupun besar. Supaya dapat berjalan dengan baik diperlukan kerjasama diantara unsur-unsur yang terkait dalam sistem tersebut.
Ada berbagai pendapat yang mendefinisikan pengertian sistem, seperti dibawah ini :

“Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”. (Jogiyanto,2005.1).

Istilah sistem secara umum dapat didefinisikan sebagai kumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan. Sistem mempunyai karakteristik atau sifat – sifat tertentu, yaitu : Komponen Sistem, Batasan Sistem, Lingkungan Luar Sistem, Penghubung Sistem, Masukan Sistem, Keluaran Sistem, Pengolahan Sistem danSasaran Sistem (Edhy Sutanta, 2009: 4 )

B.   Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. (Jogiyanto,2005:11).

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna dan menjadi berarti bagi penerimanya. Kegunaan informasi adalah untuk mengurangi ketidakpastian di dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut. Kualitas informasi sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh beberapa hal yaitu : Relevan (Relevancy), Akurat (Accurancy), Tepat waktu (Time liness), Ekonomis (Economy), Efisien (Efficiency), Ketersediaan (Availability), Dapat dipercaya (Reliability), Konsisten (Edhy Sutanta,2009:8 )

C.  Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya. Keberhasilan suatu sistem informasi yang diukur berdasarkan maksud pembuatanya tergantung pada tiga faktor utama, yaitu :

Ø  Keserasian dan mutu data,
Ø  Pengorganisasian data, dan
Ø  Tatacara penggunaanya.

Untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda bergantung pada macam keperluan atau macam permintaan yang harus dipenuhi. Suatu persamaan yang menonjol ialah suatu sistem informasi menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Untuk dapat menggabungkan data yang berasal dari berbagai sumber suatu sistem alih rupa (transformation) data sehingga jadi tergabungkan (compatible). Berapa pun ukurannya dan apapun ruang lingkupnya suatu sistem informasi perlu memiliki ketergabungan (compatibility) data yang disimpannya. (Hanif Al Fatta, 2009:9).

Menurut Sutabri (2005:42), sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi adalah sekumpulan prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yaitu memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikan organisasi.

Informasi dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri  yaitu:
1.     Baru, informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima.
2.     Tambahan, informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan pada informasi yang telah ada.
3.     Korektif, informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi yang salah sebelumnya.
4.     Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada.

D.  Pengertian Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli

John F. Nash Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Robert A. Leitch Menurut Robert A. Leitch, pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Henry Lucas Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Alter Pengertian sistem informasi menurut Alter bahwa sistem informasi adalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.

Pengertian Sistem Informasi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut :
1.     Sistem Informasi berdasarkan
Elemen kumpulan dari komponen yang berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian sistem ini banyak diterima dan digunakan karena memiliki sistem yang luas, lebih mudah diaplikasikan dan dimengerti.
2.     Sistem Informasi berdasarkan prosedur
Jaringan kerja dari proses yang saling berhubungan dan berkumpul bersama-sama untuk menyelesaikan suatu kegiatan tertentu yang tepat sasaran. Pengertian sistem ini lebih menekankan pada urutan operasi dalam jaringan kerja.

Pada dasarnya, pengertian sistem informasi terbentuk melalui kegiatan operasi yang tetap yaitu:
Ø  Mengumpulkan data,
Ø  Mengelompokkan data,
Ø  Menghitung dan menganalisa data,
Ø  Menyajikan laporan data.
Sasaran dalam Sistem Informasi, yaitu :
Ø  Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan,
Ø  Meningkatkan efektifitas ekonomi,
Ø  Meningkatkan penyelesaian tugas.

E.   Perbedaan Teknologi Informasi (IT) dan Sistem Informasi (SI)

Perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Sistem Informasi yaitu sistem terintegrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya. Namun teknologi informasi yaitu hasil rekayasa manusia pada proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima hingga lebih cepat, lebih luas sebarannya serta lebih lama penyimpanannya

F.   Fungsi Sistem Informasi

Fungsi dari sistem informasi adalah sebagai berikut :
  1. Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem informasi.
  2. Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  3. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  5. Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  6. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  7. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif 


G.  Komponen Sistem Informasi (SI)

Komponen-komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut :
  1. Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi
  2. Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem. Telekomunikasi, sebagai penghubung antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama ke dalam suatu jaringan kerja yang efektif.
  5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
  7. Komponen perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai mesin, Perangkat keras, melengkapi data dengan memasukkan, memproses dan mengeluarkan data. Perangkat lunak, suatu program dan instruksi yang diberikan pada komputer.
  8. Komponen manusia dan prosedur yang merupakan manusia dan tata cara menggunakan mesin. Data merupakan jembatan penghubung antara manusia dan mesin agar terjadi suatu proses pengolahan data. Manusia, seperti manajer, operator, analis dan programmer, database, kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sehingga pengguna sistem informasi mudah mengakses.


H.  Ciri-Ciri Sistem Informasi (SI)

Ciri - ciri dari sistem informasi adalah sebagai berikut :
    • Baru adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima
    • Tambahan adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
    • Kolektif adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
    • Penegas adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Saya saat Mengikuti Organisasi

Penelitian, Penalaran, Evidensi, Proposisi, Inferensi, Implikasi Berfikir Deduktif dan Berfikir Induktif

Hambatan-Hambatan Dalam Komunikasi